Optimasi Rute Produk Popok Bayi Dari Distributor Ke Retail Study Kasus: PT Unicharm Indonesia

Penulis

  • Nurlaela Kumala Dewi Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Kata Kunci:

Optimasi Rute, Distribusi

Abstrak

  1. UNICHARM adalah produser popok bayi dengan merk Mami Poko, permasalah dalam mendistribusikan hasil produksinya hingga konsumen sering mengalami kendala. Keterlambatan sering terjadi karena salahnya pemilihan rute dari distributor ke retail sehingga di pasar produk ini sering terjadi kekurangan stock dan menimbulkan biaya transportasi yang tinggi. Dalam memecahkan permasalah pendistribusian ini di pilih metode optimasi yang akan menghitung alokasi distribusi dari distributor ke retail (pasar) berikut biaya yang ditimbulkan. Hasil penelitian dari ketiga distributor telah mendapatkan alokasi sesuai kapasitas dari masing-masing ritel dengan biaya yang ditimbulkan sebesar Rp. 42.475.000,00 Semoga solusi ini bisa menjadi alternative bagi produk yang lain yang dihasilkan oleh PT.UNICHARM Indonesia.

Diterbitkan

2015-10-15

Cara Mengutip

Dewi, N. K. (2015). Optimasi Rute Produk Popok Bayi Dari Distributor Ke Retail Study Kasus: PT Unicharm Indonesia. JURNAL MANAJEMEN LOGISTIK DAN TRANSPORTASI, 2(1), 32–47. Diambil dari https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog/article/view/21

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama