ANALISIS KINERJA SUSTAINABLE SUPPLY CHAIN DENGAN PENDEKATAN PRODUCT SERVICE SYSTEM (STUDI KASUS: UMKM CV HARUMI NUSANTARA)

Authors

  • irayanti Adriant STIMLOG INDONESIA
  • Nurlaela Kumala Dewi Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Denna Syafelia Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Abstract

Operasional suatu perusahaan diharapkan dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan agar perusahaan dapat mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kinerja Sustainable Supply Chain yang terdiri dari lingkungan, sosial, dan ekonomi, serta memberikan rekomendasi bagi kriteria yang masih membutuhkan improvement. Pengukuran Sustainable Supply Chain dilakukan dengan pendekatan Product Service System. Studi kasus dilakukan pada Usaha Sabun Cuci Tangan Vasty Clean UMKM CV Harumi Nusantara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 dari total 18 kriteria keberlanjutan yang prioritas perbaikannya tinggi atau High (H) dan sedang atau Medium (M), yaitu empat kriteria dari dimensi lingkungan, tiga kriteria dari dimensi sosial, dan lima kriteria dari dimensi ekonomi. Dari 22 rekomendasi yang diberikan, terpilih sembilan rekomendasi yang memiliki nilai keberlanjutan dan kelayakan terbaik dalam implementasinya, yaitu subtitusi penggunaan sarung tangan plastik menjadi chemical resistant gloves berbahan nitril, penggunaan ulang kemasan jerigen, penggunaan Alat Pelindung Diri, pemasangan/ penempelan simbol serta peringatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, membuat standar formulasi produk untuk menjaga konsistensi kualitas produk, retensi konsumen dan reseller, menambah varian sabun cuci tangan, menambah fitur pengiriman via Gosend/ Grabexpress, dan bermitra dengan Grabmart. Selain itu, disarankan untuk melakukan koordinasi dengan jaringan perantara perusahaan maupun pemasok mengenai informasi jadwal kebutuhan, dan melakukan kooperasi dengan partner kerja sama menggunakan kontrak tertulis.

Downloads

Published

2022-12-07 — Updated on 2023-05-02

How to Cite

Adriant, irayanti, Dewi, N. K., & Syafelia, D. . (2023). ANALISIS KINERJA SUSTAINABLE SUPPLY CHAIN DENGAN PENDEKATAN PRODUCT SERVICE SYSTEM (STUDI KASUS: UMKM CV HARUMI NUSANTARA). JURNAL MANAJEMEN LOGISTIK DAN TRANSPORTASI, 7(1). Retrieved from https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog/article/view/78

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>