Mengukur Kinerja Pengiriman Pelumas (Oli) Dengan Pendekatan Balanced Scorcard Method Di Divisi Contract Logistik PT. POS logistik Indonesia

Penulis

  • Irayanti Adriant Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
  • Friska Novalianti Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Kata Kunci:

Pengiriman, Key Performance Indicator, Balanced Scorecard, Perspektif Balaced Scorecard, Pelumas (Oli)

Abstrak

Divisi Contarct Logistik PT. Pos Logistik Indonesia telah bekerja sama dengan PT. Pertamina Lubricants dalam menjalankan proses bisnis pengiriman pelumas (oli) di area subergion VI (Balikpapan, Tarakan, Banjarmasin dan Pontianak). Namun pengiriman pelumas (oli) tersebut sering sekali terjadinya keterlambatan pengiriman yang faktor internal maupun faktor eksternal. Dalam mengevaluasi kembali kinerja perusahaan Divisi Contract Logistik PT. Pos Logistik Indonesia telah mempunyai key perforamce indicator khusus yang dibuat demi keberlangsungan proses bisnis yang telah terjalin. Pada penelitian ini, peneliti akan mengukur kinerja perusahaan (key performance indicator) yang telah ada dengan menggunakan Balanced Scorecard Method. yang terdiri dari empat perspektif pengukuran yaitu : perspektif financial (keuangan), perspektif customer (pelanggan), perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa kinerja pengiriman pelumas (oli) ke subregion VI belum optimal.

Diterbitkan

2018-02-01

Cara Mengutip

Adriant, I., & Novalianti, F. (2018). Mengukur Kinerja Pengiriman Pelumas (Oli) Dengan Pendekatan Balanced Scorcard Method Di Divisi Contract Logistik PT. POS logistik Indonesia. JURNAL MANAJEMEN LOGISTIK DAN TRANSPORTASI, 4(1), 1–25. Diambil dari https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog/article/view/46