Analisi Jaringan Angkutan POS Sekunder Di Wilayah Regional 4 Jakarta 10000
Kata Kunci:
Kapasitas Angkut, Waktu Tempuh, Volume kiriman dan pemilihan rute optimumAbstrak
- Pos Indonesia (Persero) sebagai badan usaha milik negara yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama pelayanan jasa pos telah meredefinisi bisnisnya dengan tidak hanya sebatas sebagai pembawa berita tetapi telah memposisikan diri untuk bergerak ditiga bidang usaha, yaitu bisnis komunikasi, bisnis logistic, dan bisnis pelayanan keuangan.
Sekalipun demikian sebagai BUMN PT. Pos Indonesia (Persero) tetap membawa misi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa pelayanan yang bersifat sosial, yang dalam prakteknya sehari-hari diwujudkan dalam bentuk pelayanan kiriman pos biasa dan kilat, baik surat pos maupun paket pos.
Faktor yang dipandang relatif penting dalam memberikan pelayanan jasa pos adalah unsur kecepatan dan keamanan kiriman pos, unsur kecepatan kiriman pos ditunjang selain oleh kehandalan sdm juga yang tidak kalah penting adalah unsur system pelayanan. Dalam penelitian ini topik yang akan menjadi pembahasan utama adalah pemilihan rute optimum dalam jaringan angkutan pos di Regional 4 Jakarta 10000 dengan memperhatikan kendala kapasistas angkutan dan waktu tempuh.
Hasil analisis akan menghasilkan rute optimum dan alokasi jenis angkutan pada setiap rute disesuaikan dengan volume kiriman pos yang diangkut. Rute yang berhasil terbentuk akan relative tetap, sedangkan alokasi atau penugasan angkutan akan dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan terutama kebutuhan volume kiriman pos yang harus diangkut.