Membuat Rute Order Picking Di Warehouse Cawang PT Global Digital Niaga Dengan Menggunakan Metode Routing Heuristics

Authors

  • afferdhy ariffien Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
  • Endri Ramadhan Puttra Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Keywords:

Order Picking, jarak Perjalan, waktu perjalan, routing heuristik, tata letak gudang

Abstract

Abstrak

PT Global Digital Niaga atau lebih dikenal dengan Blibli.com adalah salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dengan konsep belanja online seperti di mal. Untuk mencapai keunggulan kompetitif di PT Global Digital Niaga tentu membutuhkan gudang. Kondisi gudang yang tidak dibangun di atas desain tata letak yang lengkap dapat menghemat waktu pencarian dan pengambilan produk yang kurang efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rute proses order picking di PT Global Digital Niaga Warehouse Cawang, dan untuk membuat rute tercepat dalam proses picking di PT Global Digital Niaga Warehouse Cawang.

Penelitian ini menggunakan Metode Routing Heuristik: S-Shape, Return Back, & Mid-Point. Metode ini untuk mengoptimalkan rute dalam picking sehingga dapat mempercepat proses pemenuhan pesanan pelanggan di PT Global Digital Niaga Gudang Cawang dengan mengurangi jarak yang berarti lebih sedikit waktu perjalanan. Pengumpulan data primer dilakukan dengan terjun langsung kelapangan dan wawancara langsung kepada nara sumber.

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

ariffien, afferdhy, & Puttra, E. R. (2018). Membuat Rute Order Picking Di Warehouse Cawang PT Global Digital Niaga Dengan Menggunakan Metode Routing Heuristics. JURNAL MANAJEMEN LOGISTIK DAN TRANSPORTASI, 4(1), 25–42. Retrieved from https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog/article/view/47

Most read articles by the same author(s)