Prosedur Penerimaan Material Aircraft Di Divisi receiving PT. X

Authors

  • afferdhy ariffien Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
  • Muhammad Reza Zakaria Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Keywords:

Receiving, Discrepancy Report, waste, Klaim, Software, SAP

Abstract

 

Penerimaan material atau receiving memiliki peran yang cukup penting dalam aktivitas bisnis perusahaan manufaktur. Terlebih lagi di PT. X  yang memproduksi atau merakit pesawat terbang dan helikopter yang terdiri dari ribuan material dan suku cadang yang dipakai sehingga dibutuhkan suatu sistem penerimaan material yang baik dan dapat mengatur serta mengontrol arus penerimaan material juga kondisi material tersebut.

Hasil pengamatan di Departemen Receiving, Handling, and Shipping (PL3000) khususnya di Divisi Receiving (PL3100) dan mengkaji seputar penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan, pengendalian, serta pengeluaran material berdasarkan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan di PT. X  terdapat permasalahan khususnya mengenai material yang berstatus Discrepancy Report (DR) atau material yang memiliki ketidaksesuaian dari segi kualitas maupun kuantitas antara material aktual dengan yang tercantum di Purchase Order.

Material DR tersebut disimpan untuk sementara (transit) di Grief Area (GA) hingga menunggu keputusan klaim dari vendor. Proses klaim yang berkepanjangan menyebabkan material DR dapat tersimpan sangat lama di GA sehingga dapat menurunkan kualitas material tersebut yang berujung pada timbulnya waste bagi perusahaan. Sehingga diperlukan pengambilan keputusan yang cepat untuk mengatasinya dengan melakukan pemilihan vendor, follow-up klaim,  dan pemanfaatan software System, Application, Products in data processing (SAP) dalam aktivitas penerimaan materialnya.

Downloads

Published

2016-12-01

How to Cite

ariffien, afferdhy, & Zakaria, M. R. (2016). Prosedur Penerimaan Material Aircraft Di Divisi receiving PT. X. JURNAL MANAJEMEN LOGISTIK DAN TRANSPORTASI, 3(1), 40–60. Retrieved from https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog/article/view/37

Most read articles by the same author(s)