Analisis Rantai Markov Untuk Penentuan Besarnya Market Share Produk Pencuci Rambut Di Kota Bandung

Authors

  • Irayanti Adriant Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Keywords:

Rantai Markov, Steady state, Pangsa Pasar

Abstract

Sejalan dengan perkembangan yang terjadi dalam persaingan bisnis saat ini, dimana persaingan antar produk kesehatan rambut semakin besar, maka perusahaan perlu mengetahui berapa persen market share atau pangsa pasar produknya di masyarakat. Selain itu, perilaku konsumen yang sering berpindah dari satu merek shampoo ke merek lain juga mempengaruhi pangsa pasar beberapa merek shampoo. Pada penelitian ini akan dibahas dan dianalisis besarnya perpindahan konsumen suatu produk shampoo ke merek shampoo lain, dan pada akhirnya dengan menggunakan rantai markov akan dicari berapa besarnya pangsa pasar dari beberapa merek shampoo di kota Bandung. Mengetahui pangsa pasar akan sangat berguna bagi perusahaan shampoo karena bisa merancang strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini memberikan hasil bahwa pangsa pasar untuk produk shampoo Sunsilk adalah sebesar 23.29%, pantene sebesar 15.32 %, Dove sebesar 7.69%, Rejoice sebesar 8.66%, Loreal sebesar 6.13 %, Lifebouy sebesar 7.47 %, Clear sebesar 5.97 %, Tresseme sebesar 2.71 %, Head and Shoulder sebesar 3.86 dan untuk shampoo lainnya sebesar 2.81 %.

Downloads

Published

2014-08-01

How to Cite

Adriant, I. (2014). Analisis Rantai Markov Untuk Penentuan Besarnya Market Share Produk Pencuci Rambut Di Kota Bandung. JURNAL MANAJEMEN LOGISTIK DAN TRANSPORTASI, 1(Nomor 1), 42–50. Retrieved from https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog/article/view/11