PERENCANAAN RUTE DAN JADWAL PENGIRIMAN ES KRISTAL UNTUK MEMINIMASI BIAYA DISTRIBUSI DI PT BANDUNG ICE
Kata Kunci:
Rute, Biaya Distribusi, Matriks Jarak, Matriks PenghematanAbstrak
Kegiatan pendistribusian bahan baku maupun barang jadi tidak terlepas dari aktivitas transportasi dan pergudangan, Permasalahan yang sering muncul dalam pendistribusian adalah permasalahan transportasi, terutama di kota besar yang memiliki jumlah jalan yang banyak. Hal ini membuat pihak perusahaan harus merencanakan dan menentukan rute untuk kendaraan dalam melakukan perjalanan dari tempat asal (supply) ke tujuan (demand) sehingga dapat meminumkan jarak tempuh dan kebutuhan konsumen dapat terpenuhi tepat pada waktunya serta menghasilkan biaya yang minimum. PT. Bandung Ice merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang industri es yaitu es batu kristal dan es serut, Dalam menentukan rute pengiriman produknya, saat ini PT. Bandung Ice masih mengandalkan pengalaman supir (driver). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rute optimal dalam pengiriman produk yang dilakukan oleh PT. Bandung Ice dengan memperhatikan kapasitas angkut kendaraan dan mengetahui biaya transportasi pendistribusian barang dari pabrik hingga ke pelanggan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan konsep Vehicle Routing Problem (VRP), Saving Matrix dan Nearest Neighbour. Pengiriman es didasari dari nilai alokasi saving matrix terbesar dilanjutkan dengan nilai terbesar kedua dan seterusnya berdasarkan ranking saving dengan mempertimbangkan kapasitas dari armada atau kendaraan yang digunakan yaitu dengan kapasitas 125 bag atau 2.5 ton. Total jarak dari hasil saving matrix yaitu 255.43 km dengan memenuhi permintaan setiap outlet per harinya. Biaya distribusi merupakan hasil dari biaya variabel transportasi (biaya bahan bakar, perawatan, gaji tenaga kerja) biaya outbound) untuk pengiriman dan biaya tenaga kerja atau gaji supir (driver). Perbandingan biaya pendistribusian hasil penelitian dengan biaya pendistribusian yang dikeluarkan oleh perusahaan yaitu untuk hasil penelitian sebesar Rp. 373,468.41/pengiriman/hari, sedangkan biaya pendistribusian yang dikeluarkan oleh perusahaan sebesar Rp. 418,771.02/pengiriman/hari.