OPTIMASI PROSES DISTRIBUSI SAYURAN SEGAR DENGAN PENDEKATAN LEAN DISTRIBUTION PADA PT. BIMANDIRI AGRO SEDAYA
Kata Kunci:
5S, Waste, 5- why, Distribusi, VSMAbstrak
PT. Bimandiri Agro Sedaya adalah salah satu perusahaan distributor sayuran. Dalam pengiriman sayuran ke customer (supermarket) PT. Bimandiri Agro Sedaya dituntut untuk tepat waktu. Akan tetapi, seringkali target pengiriman tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sehingga menyebabkan keterlambatan pengiriman. Keterlambatan pengiriman, kesalahan spesifikasi, kesalahan pengiriman dan hal lainnya akan menyebabkan sayuran ditolak oleh customer. Ketidaktepatan waktu pengiriman disebabkan karena ada aktivitas dalam distribusi yang tidak memberikan nilai tambah (waste). Berdasarkan current state value stream mapping total processing time yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas distribusi adalah 61.246 detik. Pemborosan yang terjadi pada proses distribusi adalah waiting, processing, unnecessary motion dan correction of mistake. Keempat kategori waste tersebut akan dicari akar penyebabnya dengan menggunakan metode 5-whys. Perbaikan yang dilakukan adalah dengan analisis penerapan 5S dan merubah rute pengiriman. Dengan pemangkasan proses yang tidak perlu pada saat melakukan pengiriman dan merubah rute pengiriman maka penghematan waktu yang diperoleh adalah 4.874 detik (1,35 jam) dan menghemat jarak tempuh sebesar 10,95 km. Berdasarkan future state value stream mapping total processing time yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas distribusi adalah 48.141 detik Perbedaan waktu antara current state value stream mapping dengan future state value stream mapping adalah 13.105 detik (3,64 jam) atau 21,40%.