MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DENGAN PENDEKATAN SEGMEN TARGET POSITIONING
Keywords:
Segmen Target Positioning, Analisis Hirarki Proses (AHP), Analisis Faktor, ClusteringAbstract
Perusahaan perlu mengidentifikasi segmen pasar yang dapat dilayaninya secara efektif agar strategi pemasaran yang akan diterapkan dapat dijalankan dan diterima oleh segmen yang akan dilayani. Dalam penelitian ini yang diteliti adalah segmen yang menggunakan salah satu Pendingin Ruangan buatan pabrik lokal yang berafiliasi di Tiongkok. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi variabel yang berpengaruh. Kedua mengembangkan profil setiap segmen dengan memakai konsep Analysis Factor dan melakukan Clustering yang menghasilkan tiga segmen. Ketiga mengevaluasi daya tarik setiap segmen dengan menggunakan metode Analisis Hirarki Proses (AHP) hingga terpilih satu segmen yang menjadi target sasaran. Hasil targeting menetapkan segmen konsumen yang didominasi oleh responden yang berstatus belum menikah dan bertempat tinggal dengan komposisi tertinggi di daerah perumahan umum. Kebanyakan konsumen adalah karyawan, mereka mendapatkan barang setelah melihat pameran produk tersebut termasuk konsumen yang memerlukan kejelasan produk dan termasuk konsumen berpenghasilan menengah. Responden juga tidak begitu sensitif terhadap merek ternama dan tidak begitu mempermasalahkan pelayanan dan promosi. Hasil analisis menjelaskan penempatan posisi produk lokal Pendingin Ruangan membangun persepsi bahwa produk tersebut unggul dalam hal Kualitas dan Harga sehingga diposisikan sebagai produk yang dipilih oleh pengguna sebagai yang ekonomis dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang berpenghasilan menengah.