ANALISIS DAN MITIGASI RISIKO RANTAI PASOK PADA PRODUK GERABAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE (HOUSE OF RISK) HOR (STUDI KASUS: SENTRA PRODUKSI DYAH KERAMIK)

Authors

  • irayanti Adriant Program Studi Manajemen Logistik, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Wahyudi Adiprasetyo Program Studi Manajemen Logistik, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Octaviani Kusumawardhani Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Keywords:

Risiko, Supply Chain Operation Reference, House of Risk, Preventive Action

Abstract

Sentra Produksi Dyah Keramik merupakan salah satu sentra produksi perajin tradisional yang masih memproduksi gerabah hingga saat ini. Saat ini sentra gerabah “Sentra Produksi Dyah Keramik” belum memiliki sistem manajemen risiko yang terstruktur untuk mengidentifikasi dan mengatasi risiko yang terjadi terutama dari segi fungsi rantai pasok, sehingga masih banyak ditemukan produk cacat dalam kegiatan rantai pasok. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajemen risiko rantai pasok dan menentukan aksi mitigasi (preventive action) dengan menggunakan metode house of risk (HOR). Berdasarkan hasil analisis identifikasi risiko yalng dilakukan dengaln menggunakan metode Supply Chalin Operation Research (SCOR) didapatkan hasil pengolahan data didapatkan output sebanyak 25 kejadian risiko (risk event) dan 23 sumber risiko (risk agent). Dari kejadian risiko dan sumber risiko yang telah teridentifikasi diolah menggunakan metode house of risk fase pertama maka didapatkan hasil 12 sumber risiko (risk agent) prioritas paldal UKM Sentral Produksi Dyah Keramik. Hasil output dari pengolahan data house of risk fase pertama bisa dibuat input untuk pengolahan data house of risk fase kedua sehingga didapatkan 12 aksi mitigasi (preventive actions) yang dapat diterapkan oleh Sentra Produksi Dyah Keramik.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Adriant, irayanti, Adiprasetyo, W. ., & Octaviani Kusumawardhani. (2023). ANALISIS DAN MITIGASI RISIKO RANTAI PASOK PADA PRODUK GERABAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE (HOUSE OF RISK) HOR (STUDI KASUS: SENTRA PRODUKSI DYAH KERAMIK). JURNAL MANAJEMEN LOGISTIK DAN TRANSPORTASI, 9(1), 1–13. Retrieved from https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog/article/view/177